Selasa, September 17, 2024
BerandaPemerintahKetua BPD Huta Tinggi Terang-terangan Dukung Salah Satu Paslon Pilkada Taput

Ketua BPD Huta Tinggi Terang-terangan Dukung Salah Satu Paslon Pilkada Taput

Taput (Neracanews) Juanda Manalu, Ketua BPD Desa Huta Tinggi, Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara, secara terang-terangan menyatakan dukungan kepada salah satu bakal pasangan calon (paslon) bupati pada perhelatan Pilkada Taput 2024.

Juanda Manalu berpendapat, seorang BPD harusnya bebas menyatakan dukungan kepada salah satu paslon dan tidak perlu dibatasi.

Dia juga mengakui bahwa dirinya terlibat langsung dalam acara kegiatan politik yang dia sebut “acara keberangkatan JTP” beberapa waktu lalu. Sebagaimana diketahui, Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat (JTP) adalah salah satu bakal calon bupati Pilkada Taput, berpasangan dengan Denny Lumbantoruan dan sudah mendaftar ke KPU Taput.

“Benar pak. Saya menyatakan dukungan kepada salah satu paslon dengan ikut terlibat pada acara keberangkatan pak JTP,” kata Juanda Manalu, ketika dikonfirmasi wartawan, Jumat (06/08/2024).

Juanda Manalu menyampaikan, dirinya diberitahu Kepala Desa Huta Tinggi, Tegas Manalu, bahwa keterlibatannya dalam suatu acara kegiatan politik dengan menyatakan dukungan kepada salah satu paslon adalah tidak dibenarkan.

Menanggapi hal itu, dia mengaku di hadapan Kepala Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas, memilih mundur sebagai BPD Huta Tinggi.

“Kemarin saya sudah menyatakan mundur dari BPD di hadapan Kepala Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas. Hanya saja menurut pendapat saya, peraturan yang melarang BPD terlibat politik adalah lucu. Harusnya bebas menyatakan dukungan,” ujarnya.

Ditanya apakah keputusan mengundurkan diri dari BPD sudah resmi dengan membuat surat pernyataan dibubuhi materai?

“Belum memang, tapi saya sudah suruh perangkat desa untuk mengetiknya,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Taput, Donny Simamora, menegaskan bahwa Kepala Desa, BPD dilarang berpolitik aktif. Ditanya soal surat pengunduran diri Ketua BPD Desa Huta Tinggi karena mengaku terlibat langsung dan menyatakan dukungan kepada salah satu paslon, hingga saat ini belum ada.

“Belum ada masuk laporan tentang itu. Saya cek dulu,” tulisnya lewat pesan WhatsApp, Jumat (06/09/2024) siang.

Keterangan foto.
Tangkapan layar Ketua BPD Desa Huta, Juanda Manalu, saat mengikuti suatu kegiatan politik salah satu bakal calon bupati Pilkada Taput. (Henry)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments