Selasa, September 17, 2024
BerandaPemerintahPemkab Dairi dan PT. Pegadaian Sidikalang Kerjasama Fasilitasi Permodalan Usaha Kepada 100...

Pemkab Dairi dan PT. Pegadaian Sidikalang Kerjasama Fasilitasi Permodalan Usaha Kepada 100 Pelaku UMKM

DAIRI – Pemerintah Kabupaten Dairi, melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Perindagkop) dan UKM, Kabupaten Dairi bekerjasama dengan PT. Pegadaian Persero cabang Sidikalang melakukan sosialisasi dan fasilitasi permodalan usaha kepada 100 pelaku UMKM binaan Pemkab Dairi.

Hal tersebut disampaikan Kadis Perindagkop Dairi, Iwan Taruna Berutu. Kamis (22/8/2024) di PLUT KUMKM Dairi. Disampaikannya, Thema kegiatan ini adalah “UMKM Maju Bersama Pegadaian”.

“Kita kerjasama dengan Pegadaian dalam hal permodalan dan tentunya tetap harus mengikuti proses analisa kredit agar membawa kebaikan bagi kedua belah pihak yaitu UMKM dan Pegadaian,” Ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, UMKM memiliki peran yang sangat vital dalam perekonomian negara kita. Selain sebagai penyerap tenaga kerja, UMKM juga berkontribusi besar dalam inovasi dan keberagaman produk serta jasa. Namun, kita semua menyadari bahwa salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh UMKM adalah masalah permodalan.

“Kami menyadari hal tersebut dan melalui acara ini kami berusaha untuk menjembatani kesenjangan tersebut dengan memberikan informasi mengenai berbagai opsi permodalan melalui lembaga pembiayaan formal yang tersedia di PT. Pegadaian Persero Cabang Sidikalang adalah salah satu lembaga pembiayaan formal mitra UPT,” Katanya.

Selanjutnya, Pj Bupati Dairi, Surung Charles L Bantjin diwakili Asisten Administrasi Umum, Oloan Hasugian juga menyampaikan saat ini kita menghadapi tantangan besar dalam dunia usaha, terutama bagi pelaku UKM. Permodalan sering kali menjadi kendala utama yang dihadapi oleh banyak pengusaha, dan untuk itulah sosialisasi mengenai permodalan usaha ini sangat relevan dan krusial.

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif kegiatan ini. Melalui sosialisasi ini diharapkan kita dapat memproleh wawasan dan informasi yang mendalam tentang bagaimana memanfaatkan layanan Pegadaian sebagai alternatif permodalan usaha,” Tuturnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala PT. Pegadaian Persero Cabang Sidikalang, Ekalina Simanihuruk dan para pelaku UMKM. (As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments