Sabtu, Oktober 5, 2024
BerandaPemerintahBupati Karo dan Wakil Bupati Karo Hadiri Hari Kesaktian Pancasila

Bupati Karo dan Wakil Bupati Karo Hadiri Hari Kesaktian Pancasila

Karo – Pemerintah Kabupaten Karo menggelar upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Upacara Kantor Bupati Karo, Jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe, Selasa (01/10/2024).

Hadir dalam acara tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karo, antara lain Bupati Cory Sriwaty Sebayang, Wakil Bupati Theopilus Ginting, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Karo, Darwis Burhansyah, SH, MH, anggota DPRD Karo, M Rapi Ginting, Kapolres Tanah Karo, AKBP Eko Yulianto, SH, SIK, MM, M Tr. Opsla, dan Dandim 0205 TK Letkol Inf. Ahmad Afryan Rangkuti.

Dengan mengusung tema: “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”, Kapolres Tanah Karo AKBP Eko Yulianto bertindak sebagai inspektur upacara.

Peserta upacara terdiri dari personel TNI, Polri, jajaran Pemerintah Daerah Karo, serta para pelajar dari kota Kabanjahe yang turut memberikan semangat dalam memperingati nilai nilai luhur Pancasila.

AKBP Eko Yulianto dalam amanatnya menyampaikan, pentingnya menjaga kesatuan dan persatuan bangsa di tengah dinamika dan beragamnya tantangan yang dihadapi saat ini.

“Pancasila merupakan dasar yang kuat bagi kita untuk mempertahankan kedaulatan dan integritas bangsa. Melalui peringatan ini, kita diingatkan kembali akan pentingnya mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari hari,” ujar Kapolres.

Tidak Mentolerir Segala Bentuk Kekerasan, Intimidasi dan Perbuatan Melawan Hukum

Selain itu, ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Karo, terutama menjelang berbagai agenda penting di daerah ini, khususnya moment pilkada serentak 2024 yang sudah memasuki tahapan kampanye.

Ia menekankan pentingnya peran pasangan calon, parpol pendukung dan tim sukses dalam menjaga stabilitas keamanan dan kedamaian dengan menaati aturan KPU dan Bawaslu.

“Sebagai institusi penegak hukum, Polres Tanah Karo bersama TNI berkomitmen untuk netral, independen, profesional, dan tegas dalam mengawal jalannya Pilkada Karo. “Kami tidak akan mentolerir segala bentuk kekerasan, intimidasi, atau tindakan melawan hukum yang berpotensi mengganggu ketertiban umum,” tegasnya.

“Tetap tanamkan nilai-nilai Pancasila yang sudah teruji sebagai perekat persatuan dan kesatuan, khususnya saat pilkada 2024 ini. Bersama kita mewujudkan harkamtibmas demi Kabupaten Karo yang lebih sejahtera,” kata Kapolres.

“Semoga seluruh masyarakat Karo dapat menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari dan menjadikan Pilkada sebagai ajang untuk memperkuat persatuan dan menjaga kondusifitas di daerah yang sudah terbina sangat baik selama ini,” harapnya.

Lebih lanjut AKBP Eko Yulianto yang juga mantan Kasubbagbekum Baglog Korpolarirud Baharkam Polri ini mengingatkan bahwa nilai-nilai Pancasila harus selalu dijunjung tinggi dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Hari Kesaktian Pancasila ini mengingatkan kita semua betapa pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Dengan semangat Pancasila, kita bersama-sama menuju Indonesia Emas 2045,” pungkasnya.

Sementara, Bupati Karo, Cory Sebayang menyampaikan harapannya agar seluruh masyarakat Karo dapat menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

Pilkada adalah pesta demokrasi rakyat sebagai pemegang kedaulatan. Namun, di tengah perbedaan pilihan, kita harus tetap menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila,” tegasnya.

Ia mengingatkan bahwa Pancasila adalah perekat bangsa yang mampu mempersatukan seluruh anak bangsa, terlepas dari latar belakang dan pilihan politiknya.

“Mari kita jadikan Pilkada sebagai ajang untuk memperkuat persatuan, bukan ajang untuk memecah belah. Pilkada berintegritas akan melahirkan pemimpin yang berkualitas,” sebutnya.

Lebih lanjut, Bupati Cory Sebayang juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk ikut serta berperan dan berkontribusi mengawal jalannya Pilkada Karo 2024 agar berjalan dengan lancar, jujur, adil dan demokratis. (As)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments